Blog Islam Sehari-hari Doa

Amalan untuk Menjadi Ahli Surga

Ilustrasi ada banyak cara dan tuntunan bagaimana menjadi seorang ahli surga. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi ada banyak cara dan tuntunan bagaimana menjadi seorang ahli surga. (Foto: Istimewa)

Adalah Hak Allah SWT untuk menentukan hambanya masuk surga atau neraka. Tetapi pada dasarnya ada cara bagaimana masuk surga sesuai dengan tuntunan yang di ajarkan oleh Allah dan Rasulullah SAW.

Banyak guru dan kyai kita yang menjelaskan tentang kenikmatan jika masuk ke Surga. Dan apapun yang kita inginkan Allah akan mengabulkannya. Tentu tidak ada kesedihan disana melainkan kesenangan dan kebahagiaan semata.

Di bawah ini ada delapan tuntutan untuk menjadi ahli surga. Selebihnya, segala daya dan upaya, kita serahkan ke Allah SWT.

  1. Mutaba’ah (mengikuti) dan taat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

"Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama (di akhirat) dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu : para Nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shalih. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya" (QS. An-Nisaa’ [4]: 69)

  1. Mencintai Nabi Muhammad SAW

"Kami tidak pernah bergembira tentang sesuatu melebihi kegembiraan kami terhadap sabda Rasulullah : "Engkau Akan Bersama Dengan Siapa Yang Engkau Cintai". Anas berkata : "Aku mencintai Rasulullah, Abu Bakar dan Umar. Dan aku berharap akan bersama mereka dengan sebab kecintaanku kepada mereka, meskipun aku tidak beramal seperti amalan mereka" (HR. Bukhari no. 3688 dan Muslim no. 2639, hadits dari Anas bin Malik)

  1. Melaksanakan rukun Islam dan tidak durhaka kepada kedua orang tua

"Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad SAW lalu berkata : "Wahai Rasulullah, aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan selain Allah dan sesungguhnya engkau adalah utusan Allah. Aku shalat 5 waktu, menunaikan zakat hartaku dan berpuasa di bulan Ramadhan". Maka Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa yang mati atas dasar ini, maka ia akan bersama dengan para Nabi, para shiddiqin, dan para syuhada pada Hari Kiamat seperti ini - sambil mengacungkan 2 jari - selagi ia tidak durhaka kepada kedua orang tuanya" (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, hadits dari 'Amr bin Murrah al-Juhani, Shahiihut Targhiib no. 2515)

  1. Memperbanyak shalat sunnah

"Aku pernah bermalam bersama Rasulullah SAW, lalu aku menyiapkan air wudhu dan keperluannya. Lalu beliau bersabda kepadaku : "Mintalah sesuatu !". Maka aku menjawab : "Aku meminta kepadamu agar aku bisa bersamamu di Surga". Beliau menjawab : "Ada lagi selain itu ?". Aku katakan : "Itu saja ya Rasulullah". Maka beliau bersabda : "Maka bantulah aku atas dirimu itu dengan memperbanyak sujud (shalat)" (HR. Muslim no. 489, dari Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslami)

  1. Merawat dan menyantuni anak yatim

"Aku dan orang yang merawat anak yatim di Surga kelak seperti ini" dan beliau pun memberi isyarat dengan jari tengah dan telunjuknya" (HR. Bukhari no. 6005, hadits dari Sahl bin Sa’d)

  1. Memiliki akhlak yang mulia

"Sesungguhnya orang yang paling aku cintai & paling dekat majelisnya denganku di antara kalian pada Hari Kiamat kelak (di Surga) adalah yang paling baik akhlaknya…" (HR. At-Tirmidzi, hadits dari Jabir, lihat Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir no. 2649)

  1. Selalu memperbanyak doa

اللَّهمَّ إنِّي أسألُك إيمانًا لا يرتَدُّ ونعيمًا لا ينفَدُ ومرافقةَ محمَّدٍ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم في أعلى جنَّةِ الخُلدِ

"Ya Allah, aku mohon kepada-Mu iman yang tidak pernah lepas, kenikmatan yang tidak pernah habis dan dapat menyertai Nabi Muhammad SAW di Surga yang tertinggi dan kekal" (HR. Ahmad VI/128 dan Ibnu Hibban no. 1970, atsar dari Abdullah bin Mas'ud, lihat ash-Shahiihah V/379).

  1. Anak shalih yang dapat mengangkat derajat orang tuanya atau sebaliknya

"Dan orang-orang yang beriman serta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan mereka dengan anak cucu mereka..." (QS. Ath-Thur [52]: 21)

Jika anak bersama Rasulullah di Surga, maka orang tuanya diangkat derajatnya bersama dengan anaknya di Surga yang sama, begitu pula jika orang tua yang bersama Nabi Muhammad SAW.

(WIT)

Tags