Blog Islam Sehari-hari Alquran dan Hadist

Arti dan 7 Keutamaan Surat Al Mulk

Ilustrasi wanita membaca Al Quran (Foto: Istimewa)
Ilustrasi wanita membaca Al Quran (Foto: Istimewa)

Surat Al Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al Qur’an yang memiliki 30 ayat. Ini merupakan satu-satunya surat dalam Alqur’an yang berjumlah 30 ayat. Al-Mulk termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah atau surat yang turun ketika Nabi Muhammad SAW masih di Mekkah atau sebelum hijrah ke Madinah.

Surat ini diturunkan setelah surat At-Tur. Nama Surat Al-Mulk diambil dari ayat pertama ‘Al Mulk’ yang artinya kerajaan atau kekuasaan. Dalam surat ini menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT atas langit dan bumi serta rahasia di dalamnya. Surat Al-Mulk disebut juga “At Tabaarak” yang artinya maha suci.

Rasulullah SAW pun sangat menganjurkan umat muslim untuk membaca dan mengamalkan kandungan dalam surat tersebut lantaran banyak keutamaan dalam surat ini.

Adapun 7 keutamaan dari Surat Al Mulk sebagai berikut:

  1. Mendatangkan Pertolongan Allah SWT

Keutamaan membaca surat Al-Mulk yang pertama yakni datangnya pertolongan Allah SWT. Selain diampuni dosanya oleh Allah SWT, kelak saat hari kiamat tiba, Allah SWT akan memberikan syafaat atau pertolongan kepada hambanya melalui Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Bahwasanya suatu surat di dalam Alquran mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakallazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud).

  1. Menghindarkan dari Siksa Kubur

Selain menjadi datangnya syafaat bagi hamba yang membaca dan mengamalkan surat ini, Surat Al Mulk juga menyelamatkan dari siksa kubur.

Seperti diketahui, dalam Islam diajarkan bahwa sebelum kiamat tiba, seluruh manusia yang mati akan menjalani siksa kubur untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya. Siksa kubur bisa sangat pedih bagi mereka yang berlumur dosa hingga akhir hayatnya.

Bagi hamba mengimani Allah SWT dan Rasulullah SAW sebagai utusan-Nya, maka membaca Surat Al-Mulk bisa menghindarkannya dari siksa kubur.

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya 'al-Mani’ah' (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i)

  1. Menaikkan Derajat dan Menghapus Keburukan

Keutamaan berikutnya bagi hamba Allah yang membacanya adalah menaikkan derajat serta menghapus keburukannya. Allah SWT telah menetapkan 30 kebaikan, 30 ampunan dan ditinggikan 30 derajat bagi para pembaca surat Al-Mulk.

Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Bahwasanya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah suatu surat yang terdiri 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan 30 kebaikan baginya, dihapuskan 30 kejelekannya, ditingkatkan baginya 30 derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surah ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu Tabarakallazi bi yahdihil mulk.” (HR. Ad Dailami).

  1. Mendapat Pertolongan di Hari Kiamat

Hari kiamat pasti akan tiba sebagaimana yang ditakdirkan oleh Allah Azza wa Jalla. Meski tak satu pun manusia di dunia ini yang tahu kapan hari akhir itu akan datang. Maka sebelum saat itu tiba, seorang muslim hendaklah mempersiapkan amalan sebaik-baiknya.

Salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasullullah SAW adalah membaca dan mengamalkan Surat Al Mulk agar mendapat pertolongan di hari kiamat.

Sebagai diriwayatkan Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya, "Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surat 'Tabarak"'. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

  1. Dicintai Rasulullah SAW

Setiap umat muslim tentu mengharap menjadi kekasih Allah SWT dan Rasulullah SAW. Dengan membaca dan mengamalkan Surat Al Mulk akan menjadi jalan bagi hamba yang mendambakan kasih sayang sang Khaliq dan Nabi Muhammad SAW.

Ini karena Surat Al Mulk bisa membawa ketenangan hati bagi pembaca maupun para pengamalnya. Rasulullah pernah bersabda, "Saya gemari supaya surat ini (Tabarakal lazi bi yadihil mulk ) terdapat di setiap hati orang mukmin." (HR. Al Hakim)

  1. Allah Memberi Pahala Berlipat

Seperti halnya sembaca ayat-ayat di dalam Al Qur’an, Allah SWT akan memberikan pahala 10 kali lipat bagi seorang muslim yang rajin membaca Surat Al Mulk.

Seperti dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Ma’ud radhiyallahu ‘anhu yang artinya,

"Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al Qur’an), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR at-Tirmidzi)

  1. Menjauhkan dari Maksiat

Dengan rajin membaca dan mengamalkan isi surat Surat Al Mulk, seorang muslim akan selalu mengingat kekuasaan Allah SWT yang tak terbatas. Maka itu, dengan membaca surat ini, hamba Allah akan selalu taat menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Sebagaimana firman Allah yang telah disebutkan, “Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah.” (QS Al Mulk: 12)

(RZL)

Tags