Blog Islam Sehari-hari Doa

Cara Mengamalkan Sholawat Tibbil Qulub dan Keistimewaannya

Ornamen masjid Nabawi Madinah. (Ilustrasi)
Ornamen masjid Nabawi Madinah. (Ilustrasi)

Membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahui alaihi wasallam (SAW) merupakan bagian dari amalan sehari-hari umat Islam. Setiap saat, setiap waktu. Begitu pentingnya Sholawat Nabi, bahkan tidak sah sholat seseorang tanpa membaca Sholawat Nabi dalam rukunnya.

Kenapa Sholawat Nabi penting dibaca bagi umat Islam. Ternyata, ada alasan sesuai yang disabdakan Rasulullah SAW.

Sebelum memasuki perihal Sholawat Tibbi Qulub, terlebih dahulu kita mengenal Keutamaan Membaca Shalawat Nabi SAW.

1. Allah akan membaca Sholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali lipat.

Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan membacakan shalawat kepadanya sepuluh kali. " (H. R. Muslim)

2. Rasulullah SAW akan membaca sholawat untuk dirinya.

"Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka shalawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca sholawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya. " (H. R. Thabrani)

3. Para Malaikat akan membaca shalawat untuknya.

"Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka para Malaikat akan senantiasa membaca sholawat untuknya selama orang tersebut membaca shalawat untukku." (H. R. Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah)

4. Barangsiapa membaca shalawat untuk Nabi, maka ia akan diangkat derajatnya, ditambah kebaikannya dan dihapuskan keburukannya.

"Sesungguhnya Malaikat telah menemuiku, lalu berkata, ' Wahai Muhammad, tidakkah engkau merasa senang bahwa Tuhanmu yang Maha Agung telah berfirman : ' Tidak seorang pun dari umatmu yang membaca sholawat 1 kali, kecuali Aku akan membaca sholawat sepuluh kali lipat untuknya. Dan tidak seorang pun dari umatmu yang membaca salam sekali untukmu, kecuali Aku akan membaca salam 10 kali lipat untuknya. " (H. R. Ibnu Hibban)

Mengamalkan Sholawat Tibbil Qulub

Shalawat Thibbil Qulub atau Sholawat Syifa adalah sholawat yang sering digunakan untuk wasilah penyembuhan suatu penyakit.

Dari segi bahasa, Thibbil Qulub artinya adalah obat hati. Sedangkan Syifa adalah penyembuh. Para ulama dan kyai sering mengajarkan shalawat ini untuk tujuan penyembuhan penyakit. Demikian dijelaskan Alhabib Quraisy Baharun.

Segala obat adalah sebagai perantara atau asbab, dan usaha kita sebagai hambaNYA yang tetap yakin Allah SWT adalah musabab dan penentu diatas kesembuhan seseorang dan insyaAllah shalawat Thibbil Qulub atau Syifa’ ini juga dapat dijadikan salah satu amalan untuk menyembuhkan penyakit.

Ya, keutamaan dan cara mengamalkan sholawat Syifa atau Tibbil Qulub sudah dikenal untuk mengobati penyakit yang ada di tubuh.

Dengan memberi sanjungan kepada Nabi Muhammad SAW melalui mengamalkan Sholawat Syifa atau Tibbil Qulub, akan dipermudah untuk mengobati penyakit.

Berikut lafaz Sholawat Syifa untuk menyembuhkan penyakit, terutama penyakit hati.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Lafaz:

Allohumma Sholli ‘ala sayyidinaa muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa ‘afiyatil abdaani wa syifa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

“Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati, penyembuh, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata serta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Keistimewaan dan Khasiat Sholawat Tibbil Qulub:

1. Untuk menyembuhkan penyakit perut, sholawat ini dibaca 7 x, tiap-tiap satu kali ditiupkan pada satu gelas air kemudian diminum.

2. Atau sholawat ini dibaca 7 x tiap kali membaca dituipkan pada telapak tangan kemudian diusapkan pada perut yang sakit, Insya Allah akan segera sembuh dengan izin Allah Ta'ala.

3. Untuk hati yang sempit was-was dan bingung alias sumpek bacalah sholawat ini sebanyak-banyaknya, agar kita dijauhkan dari berbagai penyakit bacalah sholawat ini sebagai wirid setelah shalat maktubah (Sholat Fardlu) Insya Allah akan terhindar dari segala macam penyakit.

Keistimewaan Khusus

Syaikh Ahmad As Shawi berkata bahwa apabila Sholawat Syifa atau Thibil Qulub dibaca sebanyak 400 kali atau 2000 kali yang diniatkan untuk orang sakit maka dengan izin Allah SWT penyakit apapun akan sembuh.

Untuk pengamalannya dilakukan dengan membaca Sholawat Syifa sebanyak 7 kali yang kemudian disambung dengan Al-Fatihah 7 kali, ayat kursi 7 kali, dan 4 kalimat mulia sebanyak 33 kali ke dalam media air.

Setelah membaca Sholawat Syifa dan sambungan surat Al-Quran lain itu, mintalah orang yang sakit untuk meminumnya serta berdoa mengharapkan ridha Allah SWT.

Demikian keutamaan dan cara mengamalkan Sholawat Syifa atau Tibbil Qulub untuk mengobati penyakit.

Wallahu A’laam Bish-Shawab. Semoga bermanfaat.

Tags