Blog Islam Sehari-hari Doa

Doa Nabi Sulaiman untuk Mendatangkan Uang

Nabi Sulaiman, ilustrasi
Nabi Sulaiman, ilustrasi

Kisah Para Nabi (Qishasul Anbiya'), memberikan pelajaran bagi umat Islam tentang keimanan dan ketakwaan yang kukuh. Selain bisa meraih pelajaran dari orang-orang terdahulu, juga banyak yang bisa kita petik dari ajaran-ajaran doa para utusan Allah.

Nabi Sulaiman Alaihissalam (AS.) merupakan salah seorang utusan Allah di muka bumi. Disebutkan dalam buku 'Dahsyatnya Doa Para Nabi' karya Syamsuddin Noor, Nabi Sulaiman AS merupakan putra Nabi Daud AS. Sejak masih kecil hingga berusia 11 tahun ia sudah menunjukkan tanda-tanda kecerdasan hingga ketelitian. Pada usia 13 tahun ia pun mewarisi tahta kerajaan dari sang Ayah.

Manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia, tidak lepas dari keinginan untuk hidup penuh kekayaan dan keberkahan seperti Nabi Sulaiman AS. Namun di masa seperti ini, memiliki kekayaan seperti Nabi Sulaiman nampaknya menjadi hal yang mustahil.

Salah satu yang bisa kita lakukan agar memiliki kekayaan seperti Nabi Sulaiman AS adalah dengan ikhtiar bekerja keras. Selain itu, kita juga harus rajin berdoa memohon pada Allah Yang Maha Kaya dan Maha Kuasa.

Dengan ikhtiar dan berdoa yang tak pernah putus, bisa jadi Allah akan mengizinkan kita memiliki kekayaan penuh berkah seperti Nabi Sulaiman AS.

Tentu saja kita tidak bisa meniru kekayaan dan kekuasaan seperti Nabi Sulaiman, sebab kekayaan dan kekuasaan Nabi Sulaiman merupakan Mukjizat yang Allah SWT turunkan kepadanya. Namun, manusia masih diberikan senjata untuk mewujudkan hajatnya kepada Allah SWT melalui Doa.

Berdoa dalam ajaran Islam adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT. Dalam kitab Fathul Bari seperti dituturkan Imam Hafizh Ibnu Hajar dari Imam At-Thaibi, bahwa berdoa adalah memperlihatkan sikap berserah diri dan membutuhkan Allah SWT.

Rasullullah SAW bersabda, “Doa adalah senjata orang mukmin dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya’la).

Rezeki atau kekayaan adalah urusan Allah SWT, tugas manusia adalah berusaha dan berdoa agar diberikan rejeki yang halal, berlimpah, mendapatkan keberkahan dan keselamatan dunia akhirat.

Nabi Sulaiman AS meski diberikan kekayaan yang melimpah dan kekuasaan yang luas, namun ia tak pernah lupa dan berhenti untuk bersyukur kepada Allah.

Doa Nabi Sulaiman selalu dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) dan bisa diamalkan umat Islam. Tercantum dalam Al-Quran, di antaranya yang bisa diamalkan agar rezeki melimpah. Doa ini sebagai ikhtiar untuk mendapatkan berkah kekayaan agar bisa menolong lebih banyak orang dan fokus untuk beribadah.

Doa ini dipanjatkan Nabi Sulaiman As. dan tertuang dalam Al-Quran surat Sad ayat 35. Sad atau Shaad (dalam bahasa Arab) adalah surat ke-38 dalam Al-Quran yang terdiri dari 88 ayat dan termasuk golongan surat yang diturunkan di Mekkah (Surah Makiyyah).

Kenapa harus berdoa dengan doa Nabi Sulaiman ini?

Satu hal yang harus disadari, tentu saja kita tidak bisa meniru Nabi Sulaiman AS. Sebab, Nabi Sulaiman AS dan kekayaan, serta kerajaan beliau yang dahsyat adalah mukjizat Allah. Untuk itulah, Nabi Sulaiman kerap dijadikan tolak ukur untuk kekayaan atau rezeki yang mengalir deras dan penuh keberkahan.

Beberapa ulama memperbolehkan memakai doa ini sebagai wasilah (perantara) memakai doa-doa yang dipanjatkan oleh Para Kekasih-Nya yang termaktub dalam Al-Quran. Termasuk doa Nabi Sulaiman AS. ini.

Rezeki atau kekayaan adalah urusan Allah. Tugas manusia adalah berdoa dan berusaha mencari rezeki halal agar berguna bagi sesama.

Doa Nabi Sulaiman untuk Mendatangkan Uang

Dalam Quran surat Sad ayat 35, Nabi Sulaiman memohon kepada Allah agar dianugerahi kerajaan yang besar dan tak dimiliki siapapun, bahkan setelahnya.

Latin:

Rabbigfirlii wa hab lii mulkal la yambagi li a adim mim ba'di, innaka antal-wahhab

Artinya:

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi".

Dalam Kumpulan Doa-doa Nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah SWT. Bacaan di atas adalah salah satu doa Nabi Sulaiman AS yang selalu dikabulkan Allah SWT. Nabi Sulaiman AS benar-benar telah menjadi raja yang agung. Bahkan, daerah kekuasaannya sangat luas sehingga tidak ada kerajaan yang sebanding dengan kerajaannya di masa itu.

Selain doa tersebut di atas, Nabi Sulaiman AS mempunyai doa lain yang bisa diamalkan. Berikut di antara doa Nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah SWT.

Mohon Kemudahan dalam Menjalankan Strategi Politik

Doa Nabi Sulaiman dan artinya untuk memohon kemudahan ada di surat An-Naml ayat 30-31, yang berbunyi:

Artinya: Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan Sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri”

Nabi Sulaiman AS merupakan hamba Allah SWT yang sholeh. Ia selalu mengucapkan basmalah dalam setiap perbuatannya. Tak hanya masalah kecil, tetapi juga dalam masalah besar.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Nabi Sulaiman AS diketahui tengah melakukan strategi politik ke sebuah kerajaan di Negeri Saba yang dipimpin oleh Ratu Balqis. Namun, ratu dan rakyatnya tidak mengenal Tuhan Pencipta Alam semesta, malah menyembah matahari saat terbit dan terbenam.

Doa Nabi Sulaiman Memperoleh Nikmat

Banyak kelebihan dan keutamaan yang dianugerahkan Allah SWT kepada nabi-Nya, termasuk Sulaiman AS. Dalam Al-Quran surat An-Naml ayat 15, Nabi Sulaiman AS ternyata memanjatkan doa syukur karena memperoleh kenikmatan.

Arab: وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Latin: wa laqad ātainā dāwụda wa sulaimāna 'ilmā, wa qālal-ḥamdu lillāhillażī faḍḍalanā 'alā kaṡīrim min 'ibādihil-mu`minīn

Artinya: Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Dawud dan Sulaiman; dan keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Mendapat keutamaan bagi yang mengamalkan doa Nabi Sulaiman AS yang selalu dikabulkan Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberi keberkahan dalam hidup dan rezeki melimpah, serta menjadikan kekayaan kita berguna bagi sesama. Amin.

Tags