Blog Islam Sehari-hari Zakat dan Sedekah

Ini Manfaat dan Cara Sedekah Subuh

Ilustrasi sedekah subuh yang dipercaya membawa banyak manfaat. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi sedekah subuh yang dipercaya membawa banyak manfaat. (Foto: Istimewa)

Bersedekah memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang mengamalkannya. Salah satu sedekah yang dianjurkan adalah sedekah di waktu subuh. Sedekah ini populer disebut sedekah subuh.

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ibadah ini mampu menghapuskan dosa-dosa dan menolak bala. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari bersedekah, baik bagi penerima maupun yang memberi.

Allah SWT memuji orang yang bersedekah tidak hanya dalam satu ayat, namun di beberapa ayat dalam Al-Qur’an. Di antaranya:

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ

Artinya: “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al-Baqarah ayat 3).


الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلَىٰ مَا أَصَابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلَاةِ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami beri rezeki kepada mereka.” (QS. Al-Hajj ayat 35).

Sedekah subuh biasanya dilakukan tepat setelah Subuh, sebelum matahari muncul. Bersedekah melebihi waktu tersebut tidak dilarang, namun jika ingin waktu yang mustajab maka segerakanlah.

Kenapa dianjurkan sebelum matahari terbit, karena di waktu subuhlah dua malaikat turun untuk mendoakan hamba-hamba Allah SWT yang bersedekah.

Keutamaan Sedekah Subuh

Keutamaan sedekah subuh ini terdapat dalam hadis berikut:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Makna dalam hadis tersebut adalah setiap subuh akan ada dua malaikat yang mendoakan kita. Di mana salah satunya mendoakan agar rezeki kita terus mengalir dan lancar. Malaikat satunya lagi mendoakan agar kita miskin jika kita enggan untuk mengeluarkan sedekah atau berbagi.

Keutamaan sedekah subuh bagi yang mengamalkannya:

  1. Menghapuskan dosa

    Melakukan sedekah subuh juga bisa menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melaksanakannya. Seperti dalam hadis “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. Tirmidzi)

  2. Harta yang berkah

    Bersedekah di waktu subuh akan membuat harta semakin berkah, dalam artian harta yang disedekahkan akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT. Saat bersedekah, umat muslim juga perlu melakukannya secara ikhlas dan tulus agar amalannya diterima dengan baik.

Tata Cara Sedekah Subuh

Untuk melakukan sedekah Subuh bisa melakukan dengan cara ini:

  • Mengisi kotak amal di masjid usai mengerjakan salat Subuh berjamaah. Kaum pria bisa langsung memasukkannya sendiri ke kotak amal, sedangkan kaum wanita dapat menitipkannya ke suami atau anak yang pergi ke masjid.

  • Mentransfer uang melalui rekening persis setelah subuh kepada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.

  • Memberi makanan dengan cara diantar ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, ke panti asuhan, dan lain-lain. Ini dilakukan setelah subuh sebelum matahari tampak.

  • Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada yang membutuhkan, persis usai subuh.

  • Memasukkan uang sedekah ke dalam kaleng khusus setiap usai salat Subuh. Saat hendak memasukkannya, niatkan apa hajat yang ada di hati. Sesudah memasukkan uang, dianjurkan untuk berdoa.

Wallahua’lam Bisshawab.

(RZL)

Tags