Blog Islam Sehari-hari Alquran dan Hadist

Keutamaan Membaca Surat Al-Waqi'ah

Al-Quran di atas rehal dibaca rutin oleh umat Islam. (Ilustrasi)
Al-Quran di atas rehal dibaca rutin oleh umat Islam. (Ilustrasi)

Terlebih dulu mari kita memahami Surat Al-Waqi'ah. Surat Al-Waqi'ah merupakan surat ke-56 dalam Al-Quran.

تَفْسِيرُ سُورَةِ الْوَاقِعَةِ

(Hari Kiamat)

Dalam penjelasan Tafsir Ibnu Katsir, Surat Al-Waqi'ah termasuk Makkiyyah, 96 ayat, kecuali ayat 81 dan 82 Madaniyyah turun sesudah Surat Thaha.

قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عِكْرِمَة، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ شبتَ؟ قَالَ: "شيَّبتني هُودٌ، وَالْوَاقِعَةُ، وَالْمُرْسَلَاتُ، وعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ".

Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa sahabat Abu Bakar pernah bertanya, '"Wahai Rasulullah, engkau kelihatan telah beruban." Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (SAW). menjawab: Telah membuatku beruban surat Hud, surat Al-Waqi'ah, surat Al-Mursalat, surat An-Naba, dan surat At-Takwir.

Imam Turmuzi telah meriwayatkan hadits ini, dan ia mengatakan bahwa predikat hadits ini hasan garib.

Al-Hafiz ibnu Asakir telah mengatakan dalam biografi Abdullah ibnu Mas'ud lengkap dengan sanadnya sampai kepada Amr ibnur Rabi' ibnuTariq Al-Masri, telah menceritakan kepada kami As-Sirri ibnu Yahya Asy-Syaibani, dari Abu Syuja', dari Abu Zabyah yang mengatakan bahwa Abdullah ibnu Mas'ud dalam sakitnya yang menghantarkan kepada kematiannya dijenguk oleh Utsman ibnu Affan, lalu Utsman bertanya, "Sakit apakah yang engkau rasakan?" Ibnu Mas'ud menjawab, "Dosa-dosakulah yang membuatku sakit." Usman bertanya, "Apakah yang engkau inginkan?" Ibnu Mas'ud menjawab, "Rahmat Tuhanku." Usman bertanya, "Maukah engkau kudatangkan seorang tabib?" Ibnu Mas'ud menjawab, "Tabib akan membuatku bertambah parah." Usman bertanya, "Maukah aku perintahkan agar kuberikan ata (pemberian) untukmu?" Ibnu Mas'ud menjawab, "Saya tidak memerlukannya." Utsman berkata, "Itu nantinya untuk anak-anak perempuanku sesudah kamu tiada." Ibnu Mas'ud menjawab, "Apakah aku mengkhawatirkan anak-anak perempuanku jatuh fakir? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada semua anak perempuanku agar setiap malam membaca Surat Al-Waqi'ah karena aku pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda:

"مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا".

'Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya'.”

Kemudian Ibnu Asakir mengatakan bahwa demikianlah sanad hadits ini, tetapi yang benar adalah dari Syuja', seperti yang disebutkan di dalam riwayat Abdullah ibnu Wahb, dari As-Sirri.

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا"

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibnu Yahya, bahwa Syuja' pernah menceritakan hadits ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

Tersebutlah pula bahwa Abu Zabyah tidak pernah meninggalkannya. Hal yang semisal telah diriwayatkan oleh Abu Ya'la, dari Ishaq ibnu Ibrahim, dari Muhammad ibnu Munib, dari As-Sirri ibnu Yahya, dari Syuja', dari Abu Zabyah, dari Ibnu Mas'ud dengan sanad yang sama.

ثُمَّ رَوَاهُ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ أَبِي إِسْرَائِيلَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُنِيب الْعَدَنِيِّ، عَنِ السُّرِّي بْنِ يَحْيَى، عَنْ أَبِي ظَبْيَةَ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وسلم قَالَ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا"

Kemudian Abdullah ibnu Wahb telah meriwayatkannya pula dari Ishaq ibnu Abu Israil, dari Muhammad ibnu Munib Al-Adani, dari As-Sirri ibnu Yahya, dari Abu Zabyah, dari Ibnu Mas'ud, bahwa Rasulullah SAW. telah bersabda: Barang siapa membaca Surat Al-Waqi’ah setiap malamnya, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

Dalam sanad riwayat ini tidak disebutkan nama Syuja’, selanjutnya Ibnu Mas'ud mengatakan bahwa ia telah memerintahkan kepada anak-anak perempuannya agar membacanya setiap malam.

Ibnu Asakir telah meriwayatkan pula melalui hadis Hajjaj ibnu Nasir dan Us'man ibnu Abul Yaman, dari As-Sirri ibnu Yahya, dari Syuja', dari Abu Fatimah yang mengatakan bahwa Abdullah ibnu Mas'ud sedang sakit, lalu dijenguk oleh Usman ibnu Affan, kemudian disebutkan hal yang semisal dengan hadits di atas. Usman ibnul Yaman mengatakan bahwa Abu Fathimah ini adalah maula Ali ibnu Abu Thalib.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Israil dan Yahya ibnu Adam, telah menceritakan kepada kami Israil, dari Sammak ibnu Harb, bahwa ia pernah mendengar Jabir ibnu Samurah mengatakan bahwa dahulu Rasulullah SAW. mengerjakan sholatnya sebagaimana kalian mengerjakan sholat sekarang ini, tetapi salat beliau SAW. agak sedikit ringan, dan lebih ringan daripada sholat kalian. Dan beliau dalam Sholat Subuhnya membaca surat Al-Waqi'ah dan surat-surat lainnya.

Manfaat Surat Al-Waqi'ah Memberi Banyak Keberkahan.

Jika dibaca secara rutin, manfaat surat Al- Waqi'ah akan mulai terasa dalam jiwa. Manfaat surat Al-Waqi'ah didapat dari keistimewaannya bagi Muslim. Manfaat surat Al-Waqi'ah sering dikaitkan dengan kelimpahan rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan.

Manfaat surat Al-Waqi'ah merupakan wujud amalan yang akan terus mengalir. Manfaat surat Al-Waqi'ah bisa didapat untuk mencari ridha Allah SWT.

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Jika dibaca secara rutin, manfaat surat Al-Waqi'ahakan menghindarkan pembacanya dari kemiskinan. Ia juga akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki berlimpah.

2. Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al-Waqi'ah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

3. Surat Kekayaan.

Manfaat surat Al-Waqi'ah yang berikutnya adalah surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (Radhiyallahu anhu) berkata:

"Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi'ah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (Radhiyallahu anhu) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al-Waqi'ah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

4. Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Jika surat Al-Waqi'ah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

5. Dilindungi dari Kemudharatan Dunia

Manfaat surat Al-Waqi'ah adalah menjadi pelindung dari kemudharatan dunia. Jika surat Al-Waqi'ah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

6. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Jika surat Al-Waqi'ah dibaca sebanyak 14 kali seusai Sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

7. Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat surat Al-Waqi'ahyang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

8. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (R.a) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi'ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

9. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (Ra) berkata: "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi'ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

10. Mengajarkan Tauhid kepada Umat Muslim

Manfaat surat Al-Waqi'ah juga mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat sesorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

Doa Setelah Membaca surat Al-Waqi'ah

Setelah membaca dan mengetahui manfaat surat Al-Waqiah, penting juga mengetahui doa yang bisa dilantunkan setelah membacanya. Berikut doa setelah membaca surat Al-Waqi'ah:

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syirara khalqika wa nasytaghila bihamdi man a’thana wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atha-i wal man-‘i.

Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karamika wa fadhlika ya arhamar rahimin wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi.

Demikian keutamaan membaca Surat Al-Waqi'ah sebagaimana dijelaskan dalam Hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan dipraktikkan dalam kehidupan para Sabahat Nabi. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

Tags