Blog Islam Sehari-hari Doa

Doa Nurbuat dan Kontroversinya

Ilustrasi amalan doa Nurbuat untuk urusan dunia dan akhirat. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi amalan doa Nurbuat untuk urusan dunia dan akhirat. (Foto: Istimewa)

Selain berusaha, setiap muslim hendaklah membaca doa agar mendapat pertolongan dari Allah SWT dalam menyelesaikan segala urusannya. Karena sesungguhnya Allah mencintai umatnya yang selalu memohon pertolongan kepada-Nya.

Adapun doa yang memiliki manfaat dan khasiat besar, baik untuk urusan dunia maupun akhirat, salah satunya adalah doa nurbuat. Sebagaimana Rasulullah bersabda setelah salat subuh dan duduk bersama para sahabat di masjid, kemudian datanglah Malaikat Jibril membawa doa Nurbuat seraya berkata, “Aku diutus Allah membawa doa nurbuwat untuk diserahkan kepadamu (Rasulullah)".

Doa Nurbuat ini bisa dikatakan sebagai senjata ampuh yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan, karena mencakup urusan dunia dan akhirat. Karena besarnya khasiat doa tersebut, doa ini juga kerap disebut sebagai doa pengasihan.

Untuk urusan akhirat, doa ini bisa menjadi pengampunan atas segala dosa seseorang yang membacanya secara rutin dan tak mengulangi perbuatannya, menangkal gangguan jin, sihir, santet dan banyak lagi.

Sementara urusan dunia, doa nurbuat bermanfaat untuk melancarkan upaya seseorang dalam melakukan hajat baik, bertemu jodoh, dan banyak hal baik lainnya yang bisa terwujud dengan rajin membaca doa tersebut.

Berikut doa Nurbuat, yang mana apabila dibaca setelah salat lima waktu dan juga pada siang hari raya, InsyaAllah akan dikabulkan keinginannya:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ َ

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ ، وَصَلَّى اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَتْبَاعِهِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

Arti Bacaan Doa Nurbuat ini sebagai berikut:

"Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.

Sesungguhnya, orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al Quran dan mereka pun berkata, “ Sesungguhnya Muhamad adalah orang yang gila. Al quran hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai Dia yang memperkenankan melalui Al quran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyakanlah harta dan anakku, jandikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu."

Apa saja manfaat lain dan khasiatnya bila dibaca setiap hari?

  1. Doa nurbuat yang dilakukan setiap hari akan menyelamatkan dari siksa api neraka

  2. Dengan membaca doa ini, maka Allah akan membukakan pintu maaf

  3. Jika dibaca tengah malam, malaikat akan turun mengaminkan dan memohonkan ampunan

  4. Jika rutin membacanya, Allah akan memberikan keberlimpahan rezeki dan nikmat

  5. Bila membacanya secara rutin, janji Allah akan mempertemukan Anda dengan Rasulullah akan dipenuhi

  6. Dapat dibacakan pada tanaman akan membuat hama tak hinggap, tanaman pun tumbuh subur dan berbuah lebat

  7. Dapat dibacakan kepada musuh agar meluluhkan hatinya yang keras

  8. Membaca doa ini bisa membuat wajah lebih menarik. Bila diniatkan untuk mendapatkan jodoh, Allah akan mempertemukan dengan jodoh yang terbaik.

  9. Menangkal dan mengusir jin, iblis dan hantu yang hendak menakuti atau mengganggu si pembaca doa tersebut.

  10. Melancarkan segala urusan pekerjaan yang sulit sekali pun.

  11. Menjinakkan binatang buas dan patuh.

Masih banyak lagi khasiat dari doa nurbuat. Dengan limpahan khasiat dan manfaat doa di atas, sepatutnya doa ini menjadi salah satu pengingat bagi umat Islam, bahwa lafal yang baik diucapkan terus menerus tentu akan membawa kebaikan untuk siapa saja yang mengamalkannya.

Jika sudah maksimal dalam membaca doa nurbuat, setiap muslim harus tetap melakukan ikhtiar tanpa lelah. Kemudian berpasrah diri kepada ketetapan Allah SWT. Insya Allah, apa yang kamu dapatkan hakikatnya yang terbaik dalam pandangan-Nya.

Kotroversi Doa Nurbuat

Sayangnya, meski dianggap doa yang mujarab dan memiliki banyak manfaat, doa nurbuat ternyata salah satu doa yang masih menjadi kontroversi di kalangan ulama Islam.

Tak sedikit yang memperdebatkan doa tersebut lantaran ada beberapa hal yang membuat doa tersebut dapat diamalkan atau tidak.

Ini tak lepas dari ketidakjelasan sejarah doa nurbuat dan tidak adanya hadits yang menerangkan kebenaran bahwa doa ini diwariskan oleh Rasulullah SAW kepada umat Islam atau karangan orang lain.

Banyak Kejanggalan

Sampai saat ini, doa nurbuat masih cukup asing dan belum dikenal oleh banyak umat Islam. Bahkan, hingga kini para ulama masih memperdebatkan kelayakan doa ini untuk diamalkan.

Salah satu alasan doa ini mengundang kontroversi karena susunan bahasa yang digunakan, asal hadits yang membaas doa nurbuat hingga isi doa yang cukup janggal.

Bagi beberapa orang, doa ini dianggap memiliki banyak khasiat, sehingga menjadi salah satu doa yang dinilai bisa mendatangkan beberapa kebaikan bagi yang mengamalkannya.

Namun, di sisi lain, doa ini memiliki susunan bahasa yang kurang sesuai bagi para ulama Islam. Kaidah bahasa Arab yang digunakan dinilai kurang baik dan layak untuk berdoa.

Hal lain yang menyebabkan doa nurbuat masih mengundang kontroversi adalah asal usul atau sanad haditsnya yang masih kabur.

Sederet alasan itulah yang membuat doa nurbuat masih terus disangsikan kelayakannya untuk diamalkan atau tidak. Bahkan sejumlah ulama mengatakan bahwa doa nurbuat ini berasal dari hadits palsu atau tidak shahih.

Selain itu, bacaan dan arti doa nurbuat yang berisi tentang permohonan panjang umur serta kekayaan harta yang melimpah menjadi salah satu indikator yang memperkuat bahwa doa nurbuat ini berasal dari hadits yang tidak dapat dipercaya atau dapat dikatakan sebagai hadits palsu atau hadits maudu’.

Hal ini tak terlepas dari Rasulullah SAW yang tidak pernah mengajarkan untuk meminta umur yang panjang dan juga harta melimpah.

Sebaliknya, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk hidup dengan berkecukupan dan mengajak kita untuk meminta umur dan harta yang barokah, alih-alih umur panjang dan juga harta melimpah.

Dari sini bisa diambil hikmah, bahwa sebelum mengamalkan sesuatu atau doa, pengetahuan tentang sejarah doa dan amalan lain sebaiknya Anda ketahui lebih dulu sejarahnya, seperti doa nurbuat ini. Supaya amalan yang Anda kerjakan tidak sia-sia di kemudian hari.

(RZL)

Tags