Blog Islam Sehari-hari Doa

Memahami Arti Fii Amanillah dan Cara Menjawabnya

Ilustrasi memahami Fii Amanillah dan cara menjawabnya. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi memahami Fii Amanillah dan cara menjawabnya. (Foto: Istimewa)

Kalimat fii amanillah kerap kita dengarkan dalam sebuah percakapan, khususnya di kalangan umat Islam. Kalimat ini berasal dari Bahasa Arab yang berarti ‘Semoga engkau berada dalam lindungan Allah SWT.

Fii amanillah kerap diucapkan kepada orang yang akan bepergian, namun jika melihat dari maknanya, kalimat fii amanillah bisa digunakan saat bertegur sapa dengan orang lain, kepada orang yang akan melakukan perjalanan jauh, bertemu orang yang terkena musibah, seseorang yang sedang menghadapi masalah, atau dalam banyak situasi lain, supaya mereka terhindar dari bahaya.

Seperti maknanya, fii amanillah merupakan sebuah doa dan harapan yang baik orang lain mendapatkan keselamatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Maka jika Anda mendapat ucapan fii amanillah dari orang lain, ada kalimat yang tepat untuk menjawabnya. Balasan atas ucapan tersebut tentunya mengandung doa, kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Adapaun cara menjawab fii amanillah adalah dengan mengucapkan kalimat ‘Ma'assalamah’, yang artinya tak jauh beda dengan fii amanilllah yakni, semoga keselamatan menyertaimu.

Cara menjawab sapaan atau ucapan yang baik dari orang lain sendiri memang sangat dianjurkan dalam Al Qur'an. Ini tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 86 yang berbunyi:

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

"Wa idzaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi'ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana 'alaa kulli syai'in hasiibaa"

Artinya: Bila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu kalimat yang baik, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Selain itu, Rasulullah SAW dalam haditsnya juga mengajarkan seorang muslim mendoakan saudaranya sesama muslim.

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: “وَلَكَ بِمِثْل

"Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, melainkan malaikat akan berkata, 'Dan untukmu juga." (HR Muslim).

Dari ayat Alqur’an serta hadits di atas jelas bahwa agama Islam mengajarkan kepada setiap muslim untuk selalu berdoa saat akan melakukan sesuatu, memohon keselamatan, dan kebaikan kepada orang memberi doa, pelindungan bagi saudara sesama muslim yang dijumpai agar mendapatkan keberkahan, ridlo dan keselamatan dari Allah Azza Wajalla.

(RZL)

Tags