Blog Islam Sehari-hari Alquran dan Hadist

Pentingnya Mandi Jumat dan Hukumnya Menurut Islam

Mandi Jumat selalu menjadi kegiatan yang kerap dilakukan oleh kaum Muslim. (Foto: Istimewa)
Mandi Jumat selalu menjadi kegiatan yang kerap dilakukan oleh kaum Muslim. (Foto: Istimewa)

Bagi seorang muslim, mandi Jumat bukanlah hal baru. Aktivitas ini selalu menjadi kegiatan yang kerap dilakukan oleh kaum muslim khususnya, kaum lelaki sebelum menunaikan shalat Jumat.

Bagi mereka yang sepakat bahwa hukum mandi Jumat adalah sunnah berpegang pada hadits yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya: Dari Abdullah bin Umar radliallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang kalian mendatangi shalat jumat hendaklah ia mandi." (HR. Bukhari). Hadits ini disebut Shahih oleh para ulama.

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

وَعَنْ سَمُرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَنْ تَوَضَّأَ يَوْمَ الجُمُعَةِ فَبِهَا وَنِعْمَتْ وَمَنِ اغْتَسَلَ فَالغُسْلُ أفْضَلُ )) رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ)) .

Samurah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Barangsiapa yang berwudhu pada hari Jumat, maka itu baik. Dan barangsiapa yang mandi, maka itu lebih utama.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, ia mengatakan hadits ini hasan) [HR. Abu Daud, no. 354; Tirmidzi, no. 497. Tirmidzi berkata bahwa hadits ini hasan. Al-Hafiz Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan]

Waktu Mandi Jumat

Untuk waktu pelaksanaan mandi salat Jumat, waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan mandi salat Jumat adalah mulai dari terbit Fajar hingga sebelum khatib menaiki mimbar salat.

Namun, waktu yang sangat baik untuk melaksanakan mandi Jumat adalah beberapa saat sebelum kita berangkat ke masjid.

Karena jika mandi terlalu pagi dan tidak mandi lagi sebelum berangkat ke masjid, khawatir badan terkena najis atau bau yang dapat mengganggu konsentrasi umat lainnya.

Tata Cara Mandi Jumat

Berikut ini tata cara mandi salat Jumat yang bisa Dads lakukan sebelum berangkat salat Jumat, antara lain:

  • Pertama, basuh tangan sebanyak 3 kali ketika masuk ke kamar mandi

  • Kedua, bersihkan badan dari segala kotoran dan najis

  • Ketiga, mulailah mandi dengan mengguyur badan mulai dari kepala sebanyak 3 kali dengan dibarengi membaca niat

  • Lalu, guyur badan bagian kanan sebanyak tiga kali dan selanjutnya mengguyur badan bagian kiri sebanyak 3 kali

  • Siramkan air ke seluruh tubuh dan jangan lupa menggosok tubuh bagian depan dan belakang sebanyak 3 kali

  • Gosokkkan rambut dan jengot menggunakan air mengalir

Terlepas dari pertentangan tentang hukum mandi Jumat. Mandi Jumat memiliki keutamaan sebagaimana tertuang dalam hadits Rasulullah SAW.

Adapun keutamaan mandi Jumat seperti orang yang berkurban seekor unta. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra.

Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Artinya: Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju Masjid, maka dia seolah berkurban seekor unta. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) kedua maka dia seolah berkurban seekor sapi. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) ketiga maka dia seolah berkurban seekor kambing yang bertanduk. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) keempat maka dia seolah berkurban seekor ayam. Dan barangiapa datang pada kesempatan (saat) kelima maka dia seolah berkurban sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para Malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari) Shahih.

Anjuran Rasulullah SAW untuk mandi sebelum sholat Jumat merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri hendaklah dilakukan. Wallahualam Bishawahab.

(RZL)

Tags