Blog Islam Sehari-hari Doa

Tuntunan Doa Naik Kendaraan Agar Diberi Keselamatan

Ilustrasi mengendarai kendaraan darat. (Foto: Pinterest)
Ilustrasi mengendarai kendaraan darat. (Foto: Pinterest)

Ingin melakukan perjalanan atau mudik dalam waktu dekat? Jangan lupa panjatkan doa naik kendaraan agar selamat sampai tujuan. Dalam Islam, diajarkan berbagai doa yang dapat diamalkan saat melaksanakan kegiatan atau beraktivitas sehari-hari.

Seperti hendak bepergian, doa saat naik kendaraan pun perlu diamalkan. Ini salah satu amalan terpuji yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berkendara merupakan hal lumrah dilakukan oleh setiap orang ketika hendak bepergian. Baik menggunakan kendaraan darat, laut, maupun udara.

Saat ini, hampir pasti setiap orang yang bepergian pasti menggunakan kendaraan. Jarang ditemukan orang yang bepergian dengan berjalan kaki, kecuali untuk jarak dekat.

Sebuah hadis berbunyi tentang berkendara atau melakukan perjalanan, yakni:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Artinya: "Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: doa orang yang terzalimi, doa seorang musafir, dan doa orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad, 12:479; Tirmidzi, no. 1905; Ibnu Majah, no. 3862. Syaikh Al-Albani menghasankan hadis ini).

Sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran Surah Al-Mu’min ayat 60, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: "Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina."

Oleh karena itu, ada baiknya berdoa saat menggunakan kendaraan. Tujuannya memohon agar diberi keselamatan oleh Allah SWT dan dalam rangka mengamalkan sunah Rasulullah SAW.

Ada berbagai kumpulan doa naik kendaraan dengan naik bus, darat ataupun jalur udara. Seperti apa lantunan doa yang perlu diamalkan ketika berkendara? Berikut penjelasannya.

Doa Naik Kendaraan Darat

Rasulullah SAW pun biasa berdoa saat berkendara. Imam Nawawi mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali Radhiyallahu ‘anhu terkait doa berkendaraan.

Orang yang naik kendaraan darat dianjurkan untuk membaca sejumlah doa. Adapun doa ketika naik bus atau kendaraan darat yang singkat adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya: "Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami".

Doa Naik Pesawat Udara

Bepergian dengan pesawat sebagai jalur udara bacaan doanya pun sedikit berbeda. Bacaan doa naik kendaraan pesawat yang bisa diamalkan yakni berbunyi:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga".

Doa Naik Kapal Laut

Adapun ketika bepergian dengan naik kapal laut, para Muslimin dianjurkan membaca doa berikut:

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

Doa Perjalanan Laut

Dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Saw telah bersabda. Untuk menghindari kecelakaan di jalan atau tenggelam, bila mereka menaiki kendaraan laut ialah hendaknya mengucapkan:

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Maha Raja, dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya, hingga akhir hayat, dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

(WIT)

Tags