Blog Islam Sehari-hari Sholat

Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Ilustrasi ibadah sholat. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi ibadah sholat. (Foto: Istimewa)

Tahajud berasal dari kata tahajjada, yang sama artinya seperti. Berarti terjaga, sengaja bangun, atau sengaja tidak tidur. Tahajud merupakan sholat yang dilakukan tengah malam hingga dini hari setelah tidur di malam hari.

Sholat tahajud sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa. Seperti disebutkan dalam Alquran, sholat tahajud bisa membuat pengamalnya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.

Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah isya sampai masuknya waktu subuh. Walaupun begitu ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir.

Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Jika mengerjakan sholat tahajud pada waktu tersebut, insya Allah doanya akan diijabah oleh Allah.

Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur seseorang terutama setelah rutinitas yang sibuk seharian, itulah mengapa sholat ini menghasilkan pencapaian jumlah pahala dan status yang besar dari Allah. Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

Dan sesungguhnya sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79.

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Dalam sebuah hadits riwayat Tabrani dan Al Bazzar, dari Sumrah bin Jundub RA berkata:

"Kita diperintah oleh Rasulullah supaya mengerjakan sholat malam itu sedikit atau banyak dan sebagai penghabisan atau penutup sholat witir. Selain itu, dalam Hadist riwayat Thabrani dalam kitab Al Kabir dan Al Ausath, dari Ibnu Abbas ia berkata, "Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, 'Kerjakan sholat malam sekali pun hanya satu rakaat'." (HR. Tabrani dan Al Bazzar).

Sholat tahajud hukumnya sunnah, yakni mendapatkan pahala jika dilaksanakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Seseorang yang menjalankan sholat tahajud akan memperoleh kenikmatan dan keistimewaan dari Allah SWT.

Salah satu kisah khalifah yang mempraktikkan sholat tahajud ini adalah Umar bin Abdul Aziz. Pemimpin yang dikenal adil ini setiap malam selalu bangun dari tidurnya di kala semua orang terlelap, lalu dia cari masjid yang ditinggalkan orang. Di situ dia melaksanakan sholat Tahajud sebanyak yang dia mampu.

Selain kisah Umar bin Abdul Aziz, ada pula kisah seorang sufi Imam al-Junaid. Dia juga selalu mengisi malam-malamnya dengan sholat Tahajud. Tidak hanya kedua tokoh tersebut, masih banyak kisah lain yang menunjukkan kehebatan sholat Tahajud.

4 Jaminan Allah Untuk Orang Sholat Tahajud Saat di Dunia

Janji pertama, Allah akan angkat karirnya ditempat yang terbaik. Janji kedua. Allah bimbing semua aktivitasnya sehingga lebih mudah. Janji ketiga, Allah bimbing setiap dia punya masalah supaya dapat solusi terbaik mengatasi persoalannya. Janji keempat Allah lindungi dia ketika dalam aktivitas kehidupannya ada orang-orang yang akan mencelakai atau menjahilinya.

Allah berfirman dalam surat Al Israa 79-82

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap".

Di Akhirat para pelaku tahajud yang rutin tahajud dijanjikan oleh allah akan memasuki surga dan surganya tepat di taman surga. Anda tinggal di komplek dekat taman enakkan keadaanya, ada masuk surga ditaman surga dekat taman.

Pelaku tahajud dapat apresiasi luar biasa dari Allah saat di akhirat nanti. Di dunia dapat empat kemuliaan, lalu di akhirat dapat tinggal di taman surga. Dalam surat Adh-Dhariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa umat muslim yang melaksanakan sholat tahajud, Insya Allah akan mendapat balasan yang setimpal ketika sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. "Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS. Az Zariyat: 15-18).

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya.

1. Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

2. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

3. Sholat Sunnah Paling Utama

Sholat tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

6. Kebiasaan Orang Shalih

Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

7. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunnah ini sebagaimana hadits di atas. Yang lebih istimewa lagi, tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

8. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

Rajin Sholat Tahajud Bisa Terhindar dari Penyakit

Pakar herbal dokter Agus Rahmadi menjelaskan bahwa orang yang rajin sholat tahajud akan terhindar dari penyakit yang berbahaya. "Orang yang sakit diabetes itu bagus sekali ketika dia tahajud supaya tidak memproduksi gula berlebihan," kata dr. Agus Rahmadi, dikutip dari video unggahan kanal YouTube Bamol TV.

Posisi sujud pada saat sholat tahajud menyebabkan hentakan jantung ke otak, pada saat itulah hormon Adrenocorticotropic (ACTH) menjadi tereduksi. Dokter Agus Rahmadi mengatakan, orang yang rajin shalat tahajud bisa terhindar dari penyakit hipertensi, jantung, dan stroke.

"Dengan tahajud, epinefrin (zat yang membuat jantung berdetak dan pembuluh darah menyempit) tidak bekerja berat," jelasnya.

Kebanyakan orang yang terkena serangan stroke menjelang pagi hari karena epinefrin diproduksi dalam jumlah yang tinggi. Sehingga dengan sholat tahajud bisa terhindar dari penyakit hipertensi, jantung, dan stroke walaupun bisa dlihat dari aspek lain.

"Misalnya, seseorang sudah rajin sholat tahajud tapi masih menderita darah tinggi atau hipertensi. Hal ini disebabkan karena masih mengonsumsi makanan seperti ikan asin setiap hari," jelasnya.

Selain itu, dokter Agus Rahmadi mengatakan bahwa orang yang rajin shalat tahajud ginjalnya akan berfungsi dengan baik. "Orang yang bengkak-bengkak dengan tahajud menjadi luar biasa bisa mengurangi bengkaknya," ujarnya.

Orang yang rajin sholat tahajud, Elektroensefalogram (EEG) stabil. Oleh karena itu, tahajud juga bisa mengobati orang-orang yang sedang stres. Kemudian, orang yang rajin tahajud daya tahan tubuhnya lebih baik daripada orang yang tidak sholat tahajud.

"Jadi sebenarnya, dengan ibadah saja kita sehat," ucap dokter Agus Rahmadi.

Oleh karena itu, betapa banyak manfaat jika rutin melaksanakan sholat tahajud. Karena Allah menjanjikan kenikmatan luar biasa, baik didunia maupun di akhirat kelak.

Semoga informasi di atas dapat memacu semangat Anda untuk menjalankan ibadah-ibadah sunnah semata-mata untuk mengharapkan keberkahan dari Allah SWT.

Manfaat Sholat Tahajud

Di sisi lain, sholat tahajud juga mempunya manfaat bagi diri kita antara lan:

1. Dijadikan Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melakukan keutamaan sholat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat. Ketentraman yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (Al-Furqan 25: 63-64)

2. Hilangkan Kemalasan dan Nafsu

Sholat tahajud adalah cara ampuh untuk menghilangkan kemalasan dan nafsu. Melakukannya pada malam hari akan membuat kita lebih siap untuk menyambut hari esok. Musuh terbesar dalam diri manusia adalah nafsu.

Melaksanakan sholat tahajud mungkin sedikit berat bagi sebagian orang karena terlihat pada waktu pengerjaan pada jam-jam biasanya kita tertidur. Godaan untuk pergi tidur tentu sangat besar saat itu. Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat tahajud berarti telah berhasil menahan godaan dalam dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT dan memperoleh keutamaan sholat tahajud tersebut.

3. Usir Setan

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya ialah mampu mengusir setan. Setan selalu berusaha mengganggu kita dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan bisikan/godaan agar kita tidak sholat tahajud seperti keinginan untuk tidur, capek, dan lain sebagainya.

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing berkata, 'Kamu masih punya malam yang panjang, pergi tidur!' Jika dia bangun atas nama Tuhan, maka sebuah ikatan dilepaskan. Jika dia berwudhu, lepas ikatan berikutnya. Dan jika dia melakukan sholat, maka biarkan satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya dia menjadi rajin, begitu juga dengan jiwanya. Jika tidak, keesokan harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi malas.” (HR Muslim)

Tags