Blog Kisah - kisah Nabi dan Rosul

Bacaaan Sholawat Munjiyat yang Mustajab dan Keutamaannya

Ilustrasi keutamaan dan bacaan doa sholawat Munjiyat. (Foto: Getty Images)
Ilustrasi keutamaan dan bacaan doa sholawat Munjiyat. (Foto: Getty Images)

Bersholawat kepada nabi adalah suatu ibadah ringan yang ganjarannya sangat besar. Bahkan Allah SWT beserta para malaikatnya selalu bersholawat kepada junjungan umat Muslim Nabi Muhammad SAW sebegitu agungnya ibadah ini. Dasarnya ayat berikut :

Sholawat ada dalam Al-quran yang ditetapkan oleh Allah SWT, berbunyi “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai, orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Qs. Al-Ahzaab: 56).

Shalawat Munjiyat yang berarti shalawat penyelamat, didasari dari kisah seorang sufi dari tariqat Asy-Syadzili yang bernama Syaikh Shalih Musa Adh-Dharir yang bermimpi pada suatu malam bertemu dengan Rasulullah. Saat itulah beliau diberi amalan Sholawat Munjiyat.

Hal itu sangat bisa diimani atas dasar ucapan nabi:

-حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْعَتَكِىُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ - يَعْنِى ابْنَ زَيْدٍ - حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَهِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ رَآنِى فِى الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِى فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَتَمَثَّلُ بِى ». رواه مسلم و الترمذي و ابن ماجه. وفى رواية الدارمي : (لا يتمثل مثلي)

Artinya, “Barangsiapa yang melihatku dalam mimpi, maka ia akan melihatku dalam keadaan sadar karena setan tidak bisa menyerupai diriku (Nabi)” (HR. Muslim dan At Tirmidzi).

Berikut sebuah peristiwa yang pernah dialami:

قال بعض العارفين كنت في مركب فعصفت علينا الريح فأشرفنا على الغرق فرأيت النبي صلى الله عليه وسلم في منامي فقال قل لهم يقولون اَللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ فاستيقظت فقلناها جميعا فسكن الريح بإذن الله تعالى

“Sebagian orang arif berkata: ‘aku berada di kapal, kemudian badai berembus kencang, hampir saja menyebabkan kami tenggelam. Lalu aku (tertidur dan) melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mimpi, beliau bersabda: Katakan pada mereka ‘Bacalah doa Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât, lalu aku terbangun dan kami ucapkan bacaan sholawat tersebut, lalu angin pun terdiam atas seizin Allah ta’ala.”

(Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majâlis wa Muntakhab an-Nafâis, hal. 284).

Subhanallah, maha suci Allah. Dari kisah tersebut bisa kita simpulkan betapa agungnya sholawat ini.

Bacaan Sholawat Munjiyat

Berikut adalah bacaan dari shalawat munjiyat tersebut :

َللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Keutamaan Sholawat Munjiyat

Bacaan sholawat munjiyat yang agung ini tentunya memiliki beberapa keutamaan yang baik bagi umat Islam. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sebagai syafaat/penolong di akhirat kelak

  • Sebagai penolong saat di dunia

  • Sebab turunnya rahmat Allah

  • Membantu agar doa lebih cepat terkabul

  • Melapangkan segala kesulitan

Sholawat munjiyat biasanya dilafalkan pada awalan bacaan doa-doa, khususnya pada saat bacaan doa tahlil. Doa yang diawali dengan bacaan sholawat munjiyat dipercaya akan cepat terkabul, tentu atas seizin Allah subhanahu wa ta’ala.

Bacaan sholawat munjiyat juga dianjurkan untuk dilafalkan setelah melaksanakan shalat hajat sebagai dzikir agar hajat yang diinginkan bisa segera terpenuhi.

(JAT)

Tags