Blog Islam Sehari-hari Alquran dan Hadist

Keutamaan Membaca Surat Yusuf Ayat 4 dan Cara Mengamalkannya

Ilustrasi Al Quran dengan banyak keistimewaan dan teladan yang terkandung di dalamnya. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Al Quran dengan banyak keistimewaan dan teladan yang terkandung di dalamnya. (Foto: Istimewa)

Surat Yusuf merupakan surah yang ke-12 dalam Alquran. Terdiri dari 111 ayat, Surat Yusuf tergolong dalam kategori surah Makkiyah lantaran diturunkan di Kota Mekkah atau sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Surat tersebut bercerita tentang kisah Nabi Yusuf AS. Dikisahkan, bahwa Nabi Muhammad SAW banyak mengambil pelajaran dari surat ini. Umat muslim yang membaca surat Yusuf dan memahami kisah tentang Nabi Yusuf yang terkandung di dalamnya dapat mengambil banyak pelajaran-pelajaran penting.

Surat Yusuf juga mempunyai keutamaan dan keistimewaan lain yang baik untuk diamalkan. Di antaranya, dengan membaca Surat Yusuf ayat 4 yang berbunyi:

"Idz qala yusufu li`abiihi ya abati inni ra`aitu ahada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lii sajidin"

Arti Surat Yusuf Ayat 4: "(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."

Membaca Surat Yusuf ayat 4 dipercaya memiliki sejumlah keutamaan dan manfaat. Seperti halnya kisah perjalanan hidup Nabi Yusuf AS, di mana banyak pelajaran dan hikmah yang dapat diambil oleh umat Islam.

Terutama sifat Nabi Yusuf yang mencerminkan banyak kebaikan seperti penyabar, menjadi pribadi yang teguh dan tangguh, suka dengan kebaikan, mampu menahan amarah, ulet dalam berdakwah dan senantiasa mendoakan kebaikan kepada orang yang zalim kepadanya.

Selain di ayat ke-4, manfaat selanjutnya terdapat pada Surat Yusuf ayat ke-64, orang yang membacanya diyakini akan terhindar dari kesulitan hidup. Selain itu, bagi orang tua yang membaca ayat ke-68 Surat Yusuf, maka anaknya insya Allah akan menjadi anak-anak yang saleh, berbakti kepada orang tuanya seperti halnya Nabi Yusuf kepada ayahnya, Nabi Yakub.

Aura Kebaikan dan Cinta Kasih

Bukan hanya sejumlah manfaat dan keutamaan di atas. Pasalnya, amalan tersebut juga memiliki keistimewaan lain, yakni membuat aura kebaikan pada orang yang mengamalkannya. Selain itu, amalan Surat Yusuf ayat 4 ini juga bisa memikat lawan jenis seperti halnya karunia Allah SWT kepada Nabi Yusuf.

Asal diniatkan untuk kebaikan, amalan tersebut dipercaya memudahkan bagi pengamalnya untuk membuat orang lain senang melihat aura dari wajah orang yang mengamalkannya. Bahkan membuat lawan jenis mudah tertarik.

Bagi orang yang sudah berumah tangga, mengamalkan surat ini bisa mendatangkan kebajikan dari Allah SWT, karena bisa terus memupuk dan menumbuhkan rasa cinta kasih di antara pasangan suami istri.

Bagi yang belum memiliki pasangan, seperti dikisahkan dalam mimpi nabi Yusuf yang merupakan gambaran wahyu dari Allah SWT, di mana benda-benda di langit bersujud kepadanya, surat ini juga bisa dijadikan sebagai doa agar pasangan menaruh simpati dan rasa suka sedalam-dalamnya kepada yang mengamalkan.

Masih ada lagi manfaat lain dari surat ini. Bagi orang tua yang memiliki bayi laki-laki di dalam kandungan, dengan mengamalkan surat ini, si jabang bayi bisa memiliki wajah tampan atau kebaikan yang bisa mendatangkan keteduhan, cinta kasih pada anaknya saat keluar ke bumi kelak.

Seperti halnya amalan baik lainnya, tidak ada ketentuan waktu surah ini sebaiknya diamalkan. Hanya saja, seperti kebanyakan doa-doa lain, membaca Surat Yusuf ayat 4 setiap selesai menunaikan sholat wajib 5 waktu dan sholat sunnah seperti tahajjud, dhuha dan banyak sholat sunnah lainnya adalah waktu yang baik untuk membaca surah ini.

Karena sesungguhnya, saat ibadah itulah komunikasi antara manusia dan rabbnya terjalin sempurna. Di saat itu pula, Allah SWT membuka pintu-pintu langit dan doa setiap manusia dihantarkan kepada Allah SWT.

Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4

  1. Niatkan dalam hati dengan tujuan yang baik untuk mengamalkannya.

  2. Selanjutnya baca surat Yusuf ayat 4 ketika sesudah mandi serta berwudhu.

  3. Agar mendapatkan kesempurnaan, amalkan secara rutin sesudah sholat 5 waktu dan sholat sunnah.

  4. Baca setiap saar agar terhindar dari keburukan dan menjadikan pribadi yang lebih baik, seperti halnya sifat-sifat baik Nabi Yusuf.

(RZL)

Tags