Blog Kisah - kisah Nabi dan Rosul

Keutamaan Sholawat Jibril untuk Menarik Rezeki

Ilustrasi keistimewaan dan bacaan Sholawat Jibril. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi keistimewaan dan bacaan Sholawat Jibril. (Foto: Istimewa)

Shalawat bagi umat muslim adalah mengakui kerasulan Nabi Muhammad SAW serta memohon syafaat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal ini menunjukkan pengakuan terhadap kerasulan Muhammad SAW bukan saja diikrarkan dengan mengucapkan syahadat. Sehingga banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca Shalawat.

Dirangkum dari berbagai sumber, sholawat Jibril adalah salah satu sholawat yang apabila mengamalkannya berulang sampai 1000 kali dapat mendatangkan rezeki.

Shalawat merupakan salah satu ibadah atau dzikir yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Seperti halnya mengucapkan “Shalallahu’Ala Muhammad”, dan itu sudah bisa disebut sebagai shalawat.

Mengenai hal ini, Allah SWT memerintahkan untuk senantiasa bershalawat, seperti halnya sebuah firman-Nya dalam QS. Al-Ahzab ayat 56, yakni sebagai berikut.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

Berikut bacaan Sholawat Jibril:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shalallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: "(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad."

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallah ala muhammad

Artinya: "Semoga shalawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad."

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallah alaihi wasallam

Artinya: "Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)."

ﺃﻧﺖ ﺷﻤﺲ ﺃﻧﺖ ﺑﺪﺭ

Anta syamsun anta badrun

Artinya: "Engkau bagai matahari."

ﺃﻧﺖ ﻧﻮﺭ ﻓﻮﻕ ﻧﻮﺭ

Anta nûrun fauqo nûrin

Artinya: "Engkau bagai bulan purnama, engkau cahaya di atas cahaya."

ﺃﻧﺖ ﺇﮐﺴﻴﺮ ﻭﻏﺎﻟﻲ

Anta iksîrun wa ghôlî

Artinya: "Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya"

ﺃﻧﺖ ﻣﺼﺒﺎﺡ ﺍﻟﺼﺪﻭﺭ

anta mishbâhush-shudûri

Artinya: "Engkaulah pelita hati."

Hadits Rasul Mengenai Sholawat

Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Rasuullah SAW bersabda: "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Rasulullah SAW bersabda: "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda: "Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

3 Keutamaan atau Fadhilah Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW

  1. Akan diangkat derajatnya

    Allah SWT akan menjauhkan umat Islam yang bersholawat Nabi dari api neraka yang menyiksa. Dia juga akan membalas sholawat berkali-kali lipat, sebagaimana hadits yang diungkapan oleh Nabi Muhammad SAW.

    مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

    "Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosanya, dan mengangkat derajatnya sepuluh tingkatan," (HR. An Nasa’i)

  2. Allah SWT akan mengumpulkan di surga bersama nabi

    Surga adalah tempat yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi yang melafalkan sholawat Nabi, seperti riwayat yang disampaikan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

    “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca sholawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

  3. Dijauhkan dari api neraka

    Allah SWT akan menjauhkan umat Islam yang bersholawat Nabi dari api neraka yang menyiksa. Dia juga akan membalas sholawat berkali-kali lipat, sebagaimana hadits yang diungkapan oleh Nabi Muhammad SAW.

    وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَليَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا ماِئَةً، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا ألْفًا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ ألْفًا لَمْ تَمسَّهُ النَّارُ

    "Barang siapa yang membaca sholawat atasku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali, siapa yang membaca sholawat atasku sepuluh kali, maka Allah akan bersholawat atasnya seratus kali, siapa yang bersholawat atasku seratus kali, Maka Allah akan bersholawat untuknya seribu kali, dan siapa yang sholawat atasku seribu kali, maka api neraka tidak akan menyentuhnya.” (Imam As Suyuthi)

Itulah sejumlah keistimewaan dari Sholawat Jibril. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

(WIT)

Tags