Blog Islam Sehari-hari Alquran dan Hadist

Makna Bacaan Taawudz dan Hukumnya Menurut Islam

Bacaan Taawudz (ilustrasi)
Bacaan Taawudz (ilustrasi)

Setiap pribadi umat Islam tentu akrab dengan bacaan taawudz. Setidaknya, sebagian besar Muslim sangat akrab dengan bacaan yang juga disebut sebagai isti'adzah.

Bacaan taawudz akrab dibaca ketika seorang Muslim hendak berdoa atau mengaji. Meski sudah jadi bacaan umat Muslim sehari-hari, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu arti taawudz. Padahal, taawudz harus dibaca dengan penuh penghayatan, kemantapan, dan keyakinan.

Umat Islam dianjurkan untuk membaca taawudz atau isti’adzah, terutama sebelum membaca Al-Qur’an. Taawudz merupakan lafal berbunyi “A‘udzu billahi minas syaythanir rajim.”

Dalam uraian ini, akan dijelaskan sejumlah dalil baik Al-Quran maupun Hadits mengenai perintah untuk membaca ta’awudz atau isti’adzah, perlindungan dari gangguan setan.

1. Makna Bacaan Taawudz

Kalimat taawudz menjadi salah satu bacaan penting dalam agama Islam. Nama lain bacaan taawudz adalah isti'adzah. Kalimat taawudz atau isti'adzah sudah jadi anjuran untuk dibaca dalam beberapa waktu, salah satunya ketika hendak membaca surat Al-Fatihah atau membaca ayat Al Quran lainnya.

Selain itu, arti taawudz juga mempunyai makna yang dalam. Secara umum, bacaan taawudz berarti meminta perlindungan pada Allah SWT dari godaan setan. Maka secara tak langsung, membaca taawudz bisa jadi satu langkah untuk menjaga keimanan kepada Allah SWT. Maka dari itu, sudah semestinya setiap umat muslim tahu bunyi bacaan taawudz yang benar beserta arti taawudz.

Adapun bunyi bacaan dan arti taawudz adalah sebagai berikut:

Lafadz:

"A'udzu billahi minas-syaitanir-rajimi"

Artinya:

"Aku memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk"

2. Hukum Membaca Taawudz, Dalil Al-Quran dan Al-Hadits

Berikut dalil-dalil Al-Quran. Perintah membaca Taawudz atau Isti’adzah dalam Surat Al-Araf ayat 199-200.

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ * وَإِمَّا يَنزغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نزغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya:

“Jadilah pemaaf dan mintalah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh. Jika kamu ditimpa godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (Surat Al-A'raf ayat 199-200).

Selain itu, perintah taawudz atau isti’adzah juga terdapat pada Surat Al-Mukminun ayat 96-98.

ادفع بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ السَّيِّئَةَ نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَصِفُونَ وَقُلْ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Artinya:

“Tolaklah perbuatan buruk mereka dengan yang lebih baik. Kami lebih mengetahui apa yang mereka sifatkan. Katakan, ‘Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan. Aku berlindung (pula) kepada-Mu ya Tuhanku, dari kehadiran mereka padaku,’” (Surat Al-Mukminun ayat 96-98).

Pada Surat Fushshilat ayat 36, kita juga menemukan perintah ta’awudz atau isti’adzah sebagai berikut:

وقال تعالى وَإِمَّا يَنزغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نزغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:

“Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Surat Fushshilat ayat 36).

Terdapat juga dalil membaca Taawudz dalam Surat An-Nahl Ayat 98:

"Maka apabila engkau (Muhammad) membaca Al-Quran, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk."

Dalil Hadits

Adapun dalil berupa hadits diangkat oleh Imam At-Thabari (838 M/224 H-923 M/310 H) dalam tafsirnya sebagai berikut:

وقد رُوي عن ابن عباس، أن أول ما نزل جبريلُ على النبي صلى الله عليه وسلم عَلَّمه الاستعاذة.حدثنا أبو كريب، قال: حدثنا عثمان بن سَعيد، قال: حدثنا بشر بن عُمَارة، قال: حدثنا أبو رَوْق، عن الضحّاك، عن عبد الله بن عباس، قال: أول ما نزل جبريلُ على محمد قال: "يا محمد استعذ، قل: أستعيذ بالسميع العليم من الشيطان الرجيم"، ثم قال: قل: "بسم الله الرحمن الرحيم"، ثم قال: { اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ } [العلق: 1]. قال عبد الله: وهي أول سورة أنزلها الله على محمد بلسان جبريل (1) . فأمره أن يتعوذ بالله دون خلقه

Artinya:

“Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Pertama kali Jibril saat turun membawa wahyu kepada Rasulullah mengajarkannya lafal isti’adzah atau ta‘awudz. Abu Kuraib menceritakan kepada kami, ia berkata, Utsman bin Sa’id menceritakan kepada kami, ia berkata, Bisyr bin Umarah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Rauq menceritakan kepada kami, dari Dhahhak, dari Ibnu Abbas, ia berkata, pertama kali Jibril turun kepada Nabi Muhammad, ia berkata, ‘Wahai Muhammad, ta’awudzlah. Katakan, ‘Asta’idzu bis sami’il ‘alim minas syaythanir rajim,’ lalu ia berkata, ‘Bacalah ‘bismillahir rahmanir rahim,’ lalu ia membaca ‘Iqra bismi rabbikalladzi khalaq,’ Abdullah bin Abbas mengatakan, Ini surat pertama yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad melalui lisan Jibril.’’ Lalu ia memerintahkannya untuk berlindung kepada Allah, bukan makhluk-Nya,” (Imam At-Thabari, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qaur’an, [tanpa kota, Daru Hijr: tanpa catatan tahun], juz I, halaman 111).

Meski begitu, riwayat yang disampaikan oleh At-Thabari ini, menurut Ibnu Katsir (1301 M-1372 M), cenderung gharib. Riwayat ini disebutkan hanya untuk diketahui, tetapi sanadnya lemah dan terputus. Wallahu a’lam. (Ibnu Katsir, Tafsirul Qur’anil Azhim, [Mesir, tanpa keterangan penerbit dan tahun], juz I, halaman 174).

Secara umum, Imam At-Thabari menjelaskan lafal dan maksud ta’awudz atau isti’adzah yang dimaksud dalam tiga surat di atas. Menurutnya, ta’awudz atau isti’adzah adalah permohonan perlindungan kepada Allah semata, bukan kepada yang lain, dari tipu daya setan dalam menghalangi kewajiban manusia kepada-Nya. Sementara sebelum Islam datang, bangsa Arab kerap memohon perlindungan kepada penghuni sebuah lembah dari kejahatan setan.

تأويل قوله: أَعُوذُ .قال أبو جعفر: والاستعاذة: الاستجارة. وتأويل قول القائل أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ أستجيرُ بالله - دون غيره من سائر خلقه - من الشيطان أن يضرَّني في ديني، أو يصدَّني عن حق يلزَمُني لرَبي.

Artinya:

“Ta’wil kata ‘A‘udzu.’ Abu Ja’far berkata, al-isti’adzah adalah meminta perlindungan. Kalimat ‘A‘udzu billahi minas syaythanir rajim,’ berarti ‘Aku berlindung kepada Allah–bukan kepada makhluk-Nya–dari setan agar tidak mencelakaiku dalam urusan agama dan tidak menghalangiku dari kewajiban terhadap-Nya,” (Imam At-Thabari, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qaur’an, [tanpa kota, Daru Hijr: tanpa catatan tahun], juz I, halaman 109).

Menurut At-Thabari, kata “syaythan” dalam kalimat Arab mengacu pada setiap person yang durhaka baik kalangan jin, manusia, hewan melata, maupun apa saja. Oleh karena itu, Allah berfirman, “Demikian, kami jadikan musuh berupa setan dari kalangan jin dan manusia untuk setiap nabi.” Sayyidina Umar pernah mengendarai seekor kuda yang banyak tingkah. Makin dipukul, tingkahnya makin banyak karena sulit dikendalikan. Sayyidina Umar karena jengkel menyebut kudanya dengan “setan”. Karenanya, segala sesuatu yang durhaka disebut setan karena akhlak dan perilakunya berbeda dari akhlak dan perilaku jenisnya secara umum dan karena jauhnya dari kebaikan. (Imam At-Thabari, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qaur’an, [tanpa kota, Daru Hijr: tanpa catatan tahun], juz I, halaman 109).

Kata “ar-rajim” berpola faīl tetapi bermakna maf’ul. Kata ini berarti “yang terlempar/tercampak,” maksudnya terlaknat dan tercela. Segala yang tercela dengan ucapan buruk dan cacian adalah marjum. Asalnya ar-rajmu adalah lemparan dengan ucapan dan perbuatan. Salah satu rajam dengan ucapan adalah ucapan ayah Ibrahim (pamannya) kepada Ibrahim, “Jika Kau tiak berhenti, maka kurajam (caci dan kutuk) kau,” (Surat Maryam ayat 46), (Imam At-Thabari, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an, [tanpa kota, Daru Hijr: tanpa catatan tahun], juz I, halaman 110).

Keutamaan Pelafalan Taawudz

Ibnu Katsir (1301 M-1372 M) berpendapat, Allah memerintahkan ta’awudz dari setan jin (karena ada setan dari kalangan manusia) karena ia tidak dapat disuap untuk terhindar dari kejahatannya dan tidak terpengaruh oleh kebaikan (berbeda dari setan manusia yang menerima suap). Secara tabiat, setan jin sangat buruk. Yang dapat menahan kejahatan setan jin terhadap manusia tidak lain hanya Penciptanya sendiri. Setan dalam kosakata Arab merupakan turunan dari kata “syathana,” yaitu jauh. Maksudnya, setan jauh dari tabiat manusia dan dengan kefasikannya menjadi jauh dari kebaikan. (Ibnu Katsir, Tafsirul Qur’anil Azhim, [Mesir, tanpa keterangan penerbit dan tahun], juz I, halaman 174-175).

والمشهور الذي عليه الجمهور أن الاستعاذة لدفع الوسواس فيها، إنما تكون قبل التلاوة، ومعنى الآية عندهم: { فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ } [النحل: 98] أي: إذا أردت القراءة كقوله: { إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ } الآية [المائدة: 6] أي: إذا أردتم القيام.

Artinya:

“Yang masyhur di kalangan masyoritas ulama, isti’adzah atau ta’awudz bertujuan untuk menolak was-was dalam bacaan dan itu dilakukan sebelum membaca Al-Qur’an. Ini berangkat dari pengertian ayat berikut menurut mayoritas ulama, ‘Jika Anda membaca Al-Qur’an, berlindunglah kepada Allah dari setan terkutuk,’ (An-Nahl ayat 98).

Maksudnya tidak lain, ‘Jika Anda ingin membaca’ sebagaimana pengertian pada ‘Jika kalian melakukan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian,’ (Al-Maidah ayat 6), maksudnya ‘Jika kalian ingin shalat,’” (Ibnu Katsir, Tafsirul Qur’anil Azhim, [Mesir, tanpa keterangan penerbit dan tahun], juz I, halaman 169).

Menurut Ibnu Katsir, pelafalan ta‘awudz atau isti’adzah berfaidah untuk membersihkan mulut dari ucapan sia-sia dan kotor. Pelafalan ta‘awudz merupakan persiapan mulut untuk membaca Kalam Ilahi. Ta‘awudz adalah bentuk pengakuan atas kuasa Allah dan kelemahan manusia dalam melawan gangguan musuh yang bersifat batin. Setan dapat melihat manusia. Sedangkan sebaliknya, manusia tidak dapat melihat setan. Namun secara umum, ta‘awudz adalah bentuk permohonan kepada Allah untuk melindungi kita dari segala bentuk kejahatan dan keburukan,” (Ibnu Katsir, Tafsirul Qur’anil Azhim, [Mesir, tanpa keterangan penerbit dan tahun], juz I, halaman 174-175).

Ibnu Katsir mengatakan bahwa salah satu manfaat pelafalan ta’awudz adalah dapat meredakan kemarahan di dalam hati yang sedang dialami seseorang. Ia membawa riwayat hadits Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan An-Nasai.

قال البخاري: حدثنا عثمان بن أبي شيبة، حدثنا جرير، عن الأعمش، عن عدي بن ثابت، قال: قال سليمان بن صُرَد: استب رجلان عند النبي صلى الله عليه وسلم، ونحن عنده جلوس، فأحدهما يسب صاحبه مغضَبًا قد احمر وجهه، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: " إني لأعلم كلمة لو قالها لذهب عنه ما يجد، و قال: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم " فقالوا للرجل: ألا تسمع ما يقول رسول الله (1) صلى الله عليه وسلم قال: إني لست بمجنون (2) .وقد رواه -أيضًا-مع مسلم، وأبي داود، والنسائي، من طرق متعددة، عن الأعمش، به

Artinya:

“Imam Al-Bukhari meriwayatkan hadits dari Sulaiman bin Shurad bahwa dua orang saling mencaci di hadapan Rasulullah. Sementara kami duduk di dekatnya. Salah seorang dari keduanya mencaci yang lain dan ia tampak marah dengan wajah memerah. Rasulullah bersabda, ‘Sungguh, aku mengetahui kalimat yang bila diucapkan, niscaya kemarahan di hatinya akan reda.’ Rasulullah lalu membaca, ‘A‘udzu billahi minas syaythanir rajim.’ Para sahabat lalu berkata kepada orang tersebut, ‘Apakah kau mendengar ucapan Rasulullah SAW tadi?’ ia menjawab, ‘Aku tidak gila.’ Hadits ini juga diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, dan An-Nasai dari banyak jalan, dari A’masy,” (Ibnu Katsir, Tafsirul Qur’anil Azhim, [Mesir, tanpa keterangan penerbit dan tahun], juz I, halaman 173).

Tiga Keutamaam Membaca Taawudz

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan sejumlah Keutamaan Membaca Taawudz:

1. Meredam Amarah

Salah satu keutamaan dari membaca bacaan latin dan arti taawudz di antaranya adalah dapat meredam amarah. Keutamaan ini diambil dari sebuah hadis yang berbunyi:

Dari Sulaiman bin Shurd radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Aku pernah duduk di samping Nabi saat dua orang lelaki tengah saling caci. Salah seorang dari mereka telah memerah wajahnya dan urat lehernya tegang."

Beliau (Rasulullah SAW) bersabda, "Aku benar-benar mengetahui perkataan yang bila diucapkannya, niscaya akan lenyap apa (emosi) yang ia alami. Andai ia mengatakan, 'A'uudzubillaahi minasy-syaithaanir-rajim' pastilah akan lenyap emosi yang ada padanya." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Mendapat Ketenangan dalam Hati

Tak saja meredam amarah, keutamaan membaca taawudz juga bisa memberikan ketenangan dalam hati. Keutamaan ini sebagaimana yang terdapat dalam Al-Quran surat Ar-Ra'd ayat 28 yang bunyi artinya adalah sebagai berikut.

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

3. Melindungi Diri dari Kejahatan

Keutamaan membaca taawudz yang ketiga yaitu bisa melindungi seseorang dari kejahatan. Ya, taawudz tak saja melindungi keimanan seorang muslim dari godaan setan, melainkan juga bisa melindungi seseorang dari kejahatan manusia.

Hal ini seperti yang terkandung dalam surat Al Araaf ayat 200 yang artinya, berbunyi:

"Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

Demikian penjelasan tentang Makna Bacaan Taawudz dan Hukumnya Menurut Islam. Wallahu a'lam.

Semoga memberi manfaat bagi segenap umat Islam, dan bisa meningkatkan keimanan kita sebagai Muslim. Amiin.

Tags