Blog Islam Sehari-hari Alquran dan Hadist

Inilah Manfaat Membaca Ayat Kursi di Kehidupan Sehari-hari

Ayat Kursi dalam ilustrasi kaligrafi.
Ayat Kursi dalam ilustrasi kaligrafi.

Ada sejumlah ayat-ayat Al-Quran yang di dalamnya merupakan doa. Ayat Kursi, di antaranya, merupakan doa yang sangat peting dan sangat dianjurkan diketahui seluruh umat Islam. Sebagai Muslim lazimnya kita berdoa dan berdzikir hanya kepada Allah Subhanahu wa-ta'ala (SWT). Dan salah satu cara berdzikir yang tepat adalah dengan membaca Ayat Kursi yang memiliki banyak manfaat apabila senantiasa kita baca.

Terlebih dahulu perlu kita pahami kisah turunnya Ayat Kursi. Ketika Allah akan menurunkan Ayat Kursi ke bumi kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (SAW) dengan perantara malaikat Jibril disertai 70.000 malaikat, langit dan bumi serta seluruh alam semesta dan seisinya menyambut dengan penuh kehormatan.

Diriwayatkan ketika Ayat Kursi diturunkan, bumi menjadi gempar dan terjadi gempa di seluruh dunia. Turunnya Ayat Kursi ini disertai dengan terjadinya gemuruh yang dahsyat. Bahkan mahkota para raja-raja terlepas dan tertanggal dari kepalanya sampai jatuh ke tanah.

Selain manusia yang mengalami kegemparan, setan juga ikut gempar dan kocar-kacir berlarian menghadap iblis yang juga ketakutan. Kemudian raja iblis akhirnya memerintahkan para setan untuk mencari sumber datangnya gempa bumi atau gemuruh.

Setelah sampai ke tempat turunnya Ayat Kursi yang ternyata di berikan langsung oleh malaikat Jibril ke Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (SAW) yang disertai 70 ribu malaikat, hal ini membuat gentar dan ketakutan para setan.

Dengan turunnya Ayat Kursi ini akan membuat kaum Muslimin mendapatkan manfaat dan perlindungan yang kuat dari Allah. Hal ini secara otomatis dapat menghalangi niat setan untuk menggoda manusia dan mengajak dalam jalan yang sesat.

Manfaat Membaca Ayat Kursi

Manfaat membaca Ayat Kursi belum banyak diketahui oleh orang. Hal inilah yang membuat minat dan kesadaran membaca ayat kursi sangat rendah. Ayat kursi dinilai sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat atau doa-doa lainnya.

Ayat Kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah, yaitu surat kedua di dalam Al-Quran, dan merupakan ayat ke-255 dari surat tersebut. Meskipun seluruh ayat dari semua surat di Al-Qur’an adalah mulia, namun ayat kursi memiliki tempatnya sendiri.

Manfaat membaca ayat kursi erat kaitannya dengan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Ayat ini dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab merupakan ayat paling mulia di dalam Al-Qur’an.

Pada bacaan Ayat Kursi berisi tentang keesaan Allah SWT serta kekuasaan Allah yang mutlak. Di setiap ayat-ayat pada ayat kursi mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaan dan manfaatnya. Dengan membaca ayat ini maka akan memengaruhi jiwa dan keimanan hidup.

Bacaan Ayat Kursi

Sebelum mengetahui manfaat membaca ayat kursi, penting untuk memahami bacaan ayat kursi dan terjemahannya. Ayat Kursi merupakan ayat yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 255:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ

مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ

الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Lafadz:

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Di dalam ayat kursi, terdapat tiga macam tauhid, yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa, “Ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al Qur’an.” (Tafsir Al Qur’an Al-‘Azhim).

Manfaat Membaca Ayat Kursi

Ayat ke 255 dari surah Al-Baqarah ini merupakan salah satu ayat yang paling mulia di dalam Al-Qur’an. Bagi umat muslim yang membaca dan mengamalkannya akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Seperti dalam riwayat Rasulullah SAW yang bertanya kepada Ubiy bin Kai tentang ayat yang paling utama dalam Al-Qur’an.

Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Kai, “Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Qur’an”?

Ubay bin Kai menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah adalah ayat kursi.”

Dan Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR Muslim).

Ayat kursi sebagai ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu pada bait Al Hayyu dan Al Qayyum.

* Memiliki Keagungan Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).”

Sufyan Ats-Sauri berkata bahwa ayat kursi adalah salah satu kalamullah atau ucapan dari Allah. Dan kalamullah lebih agung dari ciptaan Allah lainnya.

* Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah SAW pernah bersabda:

Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

Dari sabda Rasulullah SAW tersebut menerangkan bahwa dengan membaca Ayat Kursi sebelum tidur maka kita akan dijaga dan dilindingi dari gangguan setan selama tidurnya. Untuk itu bacalah Ayat Kursi sebagai dzikir yang rutin ketika akan tidur.

* Perantara Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ‎

Artinya:

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surgakecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Dari sabda Rasulullah tersebut menerangkan bahwa Ayat Kursi merupakan perantara yang dapat mengantarkan kamu masuk ke surga. Selama kita masih hidup dan membaca ayat kursi setelah sholat maka akan selalu mendapatkan kemuliaan untuk masuk surga.

* Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

Manfaat membaca ayat kursi yang bisa dirasakan pertama adalah akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Manfaat ini bisa kamu rasakan ketika kamu membaca ayat kursi setelah sholat saat pagi dan petang.

Allah SWT akan menjaga kita dari godaan setan, kejahatan manusia, binatang buas yang bersifat negatif, dan lain sebagainya.

Atas izin Allah SWT, maka saat membaca ayat kursi dipastikan akan dijauhkan dari keburukan-keburukan tersebut.

* Mendapat Perlindungan dari Dua Malaikat

Bagi yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan memerintahkan dua malaikat untuk menjaganya selama ia tidur hingga pagi. Abduraahman bin ‘auf menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila masuk ke dalam rumahnya, dibacakan ayat kursi di empat penjuru rumahnya dan berharap ayat kursi tersebut dapat menjadi penghalang dan dinding bagi setan.

* Dimudahkan untuk Memahami Sesuatu

Manfaat membaca Ayat Kursi selanjutnya adalah dapat memudahkan kamu memahami sesuatu hal alias lebih pintar.

Ketika kitan rutin membaca Ayat Kursi, maka akal atau otak akan menjadi lebih mudah paham dan lebih mudah memahami atau mencerna pengetahuan baru.

* Diperbanyak Rezeki oleh Allah SWT

Manfaat membaca Ayat Kursi lainnya adalah akan diperbanyak rezeki oleh Allah SWT. Bagi kamu yang membaca dan mengamalkan Ayat Kursi maka akan dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT. Selain itu, rezeki juga akan diperbanyak dan ada hikmah di dalamnya.

* Dijauhkan dari Segala Kejahatan

Membaca Ayat Kursi sebanyak 12 kali pada hari Jumat akan terhindar dari kejahatan. Baik itu kejahatan dari manusia, hewan, maupun setan.

* Mendapat Kasih Sayang dari Allah SWT

Allah SWT akan mencintai umat-Nya yang selalu membaca Ayat Kursi di dalam kegiatan sehari-harinya. Seperti Allah SWT mencintai dan menyayangi Nabi Muhammad SAW.

* Dijaga saat Dalam Perjalanan

Manfaat membaca Ayat Kursi lainnya adalah akan dijaga dalam perjalanan ataupun saat ingin memulai perjalanan. Allah SWT Akan memudahkan perjalannya dan Allah akan melindungi selama perjalanannya.


* Dihilangkan Kefakirannya

Seperti dalam sabda Rasulullah SAW, "Barang siapa yang pulang ke rumahnya dan membaca Ayat Kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya."

Demikianlah, sejumlah manfaat Membaca Ayat Kursi di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan mampu kita amalkan dalam praktik sehari-hari.
Wallahu a'lam bisshowab.

Tags